Kamis, 14 Juni 2012

Makarti Jaya, Banyuasin

GEOGRAFIS
Kecamatan Makarti Jaya memiliki Luas 497,50 km2 dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
  • Sebelah Utara : Selat Bangka, Kecamatan Banyuasin II
  • Sebelah Selatan : Banyuasin II
  • Sebelah Timur : Air salek, Banyuasin I
  • Sebelah Barat : Kecamatan Banyuasin II, Kecamatan Muara Telang, Kecamatan Tanjung Lago dan Kecamatan Talang kelapa
Keadaan Tofografi wilayah kecamatan Makarti Jaya sebagian besar merupakan daerah dataran rendah dan di aliran sungai.
Seperti wilayah Indonesia pada umumnya, kecamatan Makarti Jaya beriklim trofis dengan curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahun yaitu berkisar 1.000 – 2.000 mm per tahun dengan pariasi cukup merata setiap bulan.
Vegitasi yang tumbuh diwilayah kecamatan Makarti Jaya sangat beragam, berbagai tanaman pertanian seperti padi dan palawija , serta tanaman perkebunan seperti kelapa tumbuh subur. Di kecamatan Makarti Jaya ini juga terdapat hutan bakau yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. 


 PEMERINTAHAN
Jarak kantor kecamtan Makarti Jaya dengan ibu kota Kabupaten Banyuasin 95 Km dilalui dengan melalui sarana angkutan air menuju kota palembang kemudian memakai angkutan darat menuju kota Pangkalan Balai.
Sampai dengan akhir tahun 2010, wilayah Kecamatan Makarti Jaya terdiri dari 13 desa defenitif dan 1 kelurahan dengan ibu kota kecamatan terletak di kelurahan Makarti Jaya. Menurut klasifikasi pedesaan/perkotaan (rural urban) semua desa/kelurahan di kecamatan Makarti Jaya termasuk dalam kategori perdesaan. Satuan lingkungan setempat terkecil di Kecamatan Makarti Jaya adalah Rukun Tetangga (RT) yang seluruh kecamatan berjumlah 192 RT. 


KEPENDUDUKAN
Pada pertengahan tahun 2010, jumlah penduduk Kecamatan Makarti Jaya sebanyak 32.819 jiwa. dengan tingkat kepadatan rata-rata 66.23 jiwa/km2. Penduduk terpadat terletak pada desa-desa yang merupakan daerah eks transmigrasi seperti: Kelurahan Makarti Jaya, Tirta kencana, Tirta mulya, dll sedangkan daerah yang jarang penduduknya adalah desa-desa asli.
Rasio jenis kelamin di Kecamatan Makarti Jaya tahun 2010 menunjukkan angka dibawah 100 (seratus). Hal tersebut berarti penduduk laki-laki lebih banyak daripada penduduk perempuan. Nilai rasio jenis kelamin di Kecamatan Makarti Jaya adalah sebesar 96.71 , berarti bahwa secara rata-rata terdapat sekitar 96 penduduk laki-laki dalam 100 penduduk perempuan

SOSIAL
Pendidikan
Banyaknya fasilitas sekolah di Kecamatan Makarti Jaya pada tahun 2010 terdiri dari 1 unit TK, 24 unit SD, 8 unit SLTP, dan 6 unit SLTA.
Kesehatan
Jumlah tenaga kesehatan di Kecamatan Makarti Jaya padaq tahun 2010 terdiri dari 2 orang dokter, 22 orang para medis, 14 orang bidan, dan 39 orang dukun bayi.
sedangkan sarana kesehatanm terdiri dari 1 unit puskesmas, 2 unit tempat paktek dokter, dan 14 unit poskesdes.


PERTANIAN
Pertanian Tanaman Pangan
Lebih dari setengah luas wilayah Kecamatan Makarti Jaya di pergunakan untuk lahan pertanian. Lahan pertanian di Kecamatan Makarti Jaya sebagian besar berupa lahan pasang surut yang cocok bagi tanaman padi dan palawija. Kecamatan Makarti jaya menyumbang produksi padi sebesar 62.028,80 ton bagi produksi padi di Kabupaten Banyuasin yang sebesar 740.216,7 ton. Selain dari tanaman padi, petani juga menanam sayur yang terdiri dari kacang panjang, cabe, tepung, ketimun, buncis, jagung, ubi kayu dan lain-lain.

Perkebunan
Tanaman perkebunan juga potensial di Kecamatan Makarti Jaya terutama tanaman kelapa dengan produksi pada tahun 2010 sebanyak 449 ton. Tanaman perkebunan lainnya yang tumbuh di Kecamatan Makarti jaya adalah tanaman kelapa sawit, tanaman karet dan kopi meski dalam jumlah sedikit.



info : Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuasin
Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Jl. Lingkar Sekojo Telp. (0711) 7960067
Email : bps1607@mailhost.bps.go.id 


2 komentar: